Jumat, 29 Agustus 2014

Kegiatan Konservasi Penyu di Desa Pering


       Salah satu upaya yang dilakukan untuk pelestarian satwa dilindungi adalah dengan cara penangkaran yang kemudian penyu tersebut dilepas liarkan ke laut. Sehubungan dengan ituDesa Pering diberikan kehormatan untuk menjadi tempat pelepasan penyu-penyu hasil penangkaran ke alam liar tepatnya di Pantai Segara Wilis (Pering), Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali.



      Pelepasan itu dipimpin langsung oleh Bupati Gianyar A.A Gde Agung Bharata, SH yang diikuti oleh masyarakat dan nelayan dengan sangat antusias. Hal itu menunjukan masyarakat sekitar sudah semakin peduli akan pentingnya menjaga ekosistem laut ,yang salah satunya dengan menjaga kelestarian penyu.
    Seperti dikatakan salah satu warga lokal, kini mereka sudah tidak lagi berburu telur penyu untuk dikonsumsi. Sekarang ketika mereka menemukan penyu yang sedang bertelur mereka akan memberikan tanda pada tempat itu dan kemudian kembali ke lokasi tersebut untuk mengambil telur penyu dan di berikan ke lokasi konservasi penyu yang berada di Desa Saba.

      Dengan kesadaran yang sudah cukup baik dari warga sekitar ini diharapkan agar satwa dilindungi seperti penyu laut ini akan terus berpetualang menjelajahi pulau serta laut-laut yang ada di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar